Thursday, July 19, 2012

8 Trik Agar Disayang Mertua

[imagetag]
Pernikahan tidak hanya menyatukan cinta Anda dan pasangan, tapi juga keluarga kedua belah pihak. Namun, tidak sedikit wanita yang mempunyai masalah dengan mertua mereka. Untuk itu, ada beberapa cara agar Anda dapat membina hubungan baik dengan orangtua pasangan.

Bagaimana bisa membangun hubungan yang harmonis dengan mertua? Simak delapan strategi agar Anda disayang mertua yang dikutip dari WebMD.

1. Banyak Ngobrol dengan Mertua
Ada pepatah mengatakan "tak kenal maka tak sayang". Oleh karena itu, Anda perlu mengenal orangtua pasangan lebih dekat. Jangan malah menghindari sang mertua karena Anda tidak mau terlibat masalah dengannya. Luangkan waktu sesering mungkin untuk berbincang-bincang dengan 'ibu' baru Anda agar hubungan bisa semakin akrab.

2. Bertemu Mertua dengan Pikiran Tenang
Sebelum bertemu dengan mertua, ada baiknya kalau Anda tidak dalam keadaan marah atau jengkel. Jika memendam perasaan tersebut saat bertemu mertua, Anda menjadi lebih sensitif dan tersinggung yang bisa berdampak buruk terhadap hubungan ke depannya. Biarkan diri merasa ringan seakan tidak ada masalah sehingga bisa membangun suasana yang hangat bersama orangtua pasangan. Di samping itu, istirahat yang cukup agar tubuh rileks sehingga tidak terbawa emosi ketika mertua bersikap 'tidak enak' dengan Anda.

3. Bersikap Lembut dan Penuh Kasih dengan Mertua
Salah satu cara mengambil hati mertua adalah dengan menunjukkan sikap baik dan kasih Anda kepada orangtua suami. Anda bisa rencanakan pesta ulang tahunnya, memasak makanan favorit mertua, atau memberikan mereka hadiah yang sedang diinginkan. Dengan cara ini, mertua akan semakin menyayangi Anda.

4. Jadilah Diri Sendiri
Bagaimana pun sempurnanya mertua Anda, tetaplah jadi diri sendiri. Jangan mengubah seluruh hidup Anda hanya karena ingin terlihat baik di mata mertua. Jika Anda melakukan hal-hal yang positif serta berusaha mendekatkan diri dengan mereka, pasti orangtua pasangan menghargai usaha Anda.

5. Tidak Bertengkar dengan Mertua karena Anak Anda
Jangan mendebatkan anak dengan mertua hanya karena hal sepele. Misalnya ibu mertua membelikan anak Anda mainan, tapi Anda tidak suka kalau si kecil diberikan mainan tersebut, Anda lalu marah dan berdebat dengan orangtua suami. Hal itu seharusnya tidak terjadi. Kalau Anda merasa tidak suka dengan sesuatu yang dilakukan oleh mertua kepada si kecil, lebih baik hargai terlebih dahulu pemberiannya. Kemudian, berbicara mengenai ketidaksukaan Anda berdua mertua saat sedang santai disertai alasan yang jelas.

6. Hormati Hak Mertua
Mungkin orangtua pasangan Anda sudah lanjut usia, tapi masih tetap segar. Di suatu waktu, Anda menemukan mereka sedang mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Biarkan hal itu terjadi sesekali. Hormati hak mereka menikmati makanan kesukaannya. Anda hanya perlu mengingatkan mertua agar tetap mejaga kesehatan.

7. Pikirkan Pasangan dan Anak Anda
Mungkin Anda mempunyai hubungan yang kurang baik dengan mertua. Anda merasa orangtua suami terlalu menuntut. Namun, kuncinya Anda harus sabar dan berusaha melakukan yang terbaik demi pasangan serta si buah hati. Mencoba lebih akrab dengan mertua. Jangan menyerah kalau baru satu kali berusaha. Lakukan terus hingga mertua respek terhadap Anda.

8. Berpikir Positif
Jika mertua termasuk orang yang sulit didekati, jangan marah atau jengkel menghadapinya. Coba pikirkan hal-hal positif ketika bersama mereka. Ingat, bahwa dia yang menghadirkan suami Anda dan betapa sayangnya suami dengan orang tuanya. Hal positif tersebut membantu perasaan kesal menjadi lebih ringan sehingga Anda bisa lebih baik saat berusaha membangun hubungan yang harmonis dengan mertua.
#ad2fcb

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Postingan menarik

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site info

Check Google Page Rank


Bukanklikunic on facebook