Saturday, July 14, 2012

10 Kampus Ilmu Komputer Terbaik di Dunia

QS World University Rankings adalah ranking internasional yang memeringkat universitas di seluruh dunia secara keseluruhan atau per jurusan. Ranking QS ini sering jadi salah satu patokan tentang universitas mana yang bermutu.


Ranking QS World University Rankings dianalisis oleh Quacquarelli Symonds, sebuah perusahaan terkemuka yang berkiprah di bidang pendidikan dengan berbagai kriteria. Kantor mereka berbasis di Inggris.

Berikut daftar ranking universitas yang menyelenggarakan jurusan ilmu komputer terbaik di dunia pada tahun 2012, menurut versi QS World University Rankings.

10. Princeton University AS

[imagetag]

Princeton University termasuk universitas paling bergengsi di Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1783 yang menjadikannya nomor 4 tertua di Negeri Paman Sam. Sedangkan jumlah mahasiswanya sekitar 7.000 orang.

Sekitar 35 alumnus universitas ini meraih penghargaan Nobel. Dari data ini saja, sudah menggambarkan bagaimana kehebatan kualitas pendidikan di sini, termasuk tentunya di jurusan Ilmu Komputer.


9. National University of Singapore - Singapura

[imagetag]

Salah satu universitas dengan jurusan ilmu komputer terbaik ternyata tidak jauh-jauh letaknya dari negara ini. Yaitu National University of Singapore yang menduduki posisi ke 9.

Universitas ini memang termasuk yang terbesar dan terbaik di negara tetangga itu. Secara konsisten, National University of Singapore selalu masuk deretan atas perguruan tinggi paling berkualitas di dunia.


8. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) Swiss

[imagetag]

Perguruan tinggi ini termasuk yang paling bergengsi di Eropa daratan. Bahkan secara keseluruhan, ETH Zurich sering nangkring di posisi pertama universitas terbaik di Eropa daratan.

Sebanyak 21 alumnusnya meraih penghargaan Nobel. Salah satu ilmuwan paling berpengaruh di dunia, Albert Einstein pernah pula berkiprah di sini. Universitas ini didirikan pada tahun 1854.


7. University of Cambridge Inggris

[imagetag]

Salah satu alumnus paling terkenal dari universitas ini adalah Isaac Newton, ilmuwan yang mengungkap gaya gravitasi bumi. Bersama Oxford University, University of Cambridge memang termasuk perguruan tinggi terhebat di Inggris Raya.

Didirikan pada tahun 1209, University of Cambridge juga termasuk yang tertua di dunia. Tidak tanggung-tanggung, akademisi di universitas ini meraih sekitar 80 penghargaan Nobel sepanjang sejarahnya.


6. University of Oxford Inggris

[imagetag]

University of Oxford adalah perguruan tinggi paling tua di Inggris dan mungkin juga di dunia. Cikal bakal universitas ini terlacak sudah ada pada tahun 1096.

Reputasi University of Oxford pun tidak main-main dan namanya selalu masuk dalam deretan paling atas kampus dengan kualitas terbaik sejagat. Mahasiswanya berasal dari seluruh dunia.


5. Harvard University AS

[imagetag]

Didirikan pada tahun 1636, Harvard University adalah perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Reputasi dan kualitasnya tidak diragukan lagi dan sering menempati peringkat paling atas universitas palng bagus di dunia.

Beberapa presiden AS menempuh pendidikan di Harvard University. Termasuk Theodore Roosevelt, John F Kennedy dan Barack Obama, presiden AS saat ini.


4. University of California, Berkeley AS

[imagetag]

Universitas ini telah menghasilkan 7 pemenang Nobel dan banyak lagi penghargaan bergengsi lainnya. Mahasiswanya berasal dari sekitar seratus negara, membuat suasana kampus penuh dengan keberagaman.

Didirikan pada tahun 1868, University of California, Berkeley juga terkenal menghasilkan begitu banyak atlet berkualitas. Sekitar 100 atlet dari universitas ini meraih medali di Olimpiade.


3. Carnegie Mellon University AS

[imagetag]

Universitas ini didirikan pada tahun 1900 oleh tokoh bernama Andrew Carnegie. Reputasinya terus menanjak dan kini termasuk perguruan tinggi elit di Amerika Serikat.

Universitas ini juga cukup terkenal di dunia. Mahasiswanya tercatat berasal dari sekitar 93 negara.


2. Stanford University AS

[imagetag]

Satu lagi universitas yang berbasis di Amerika Serikat dinilai punya jurusan Ilmu Komputer terbaik sejagat. Selain terkenal karena risetnya, Stanford University juga mentereng di bidang olahraga di mana atlet dari kampus ini telah memenangkan 115 medali emas olimpiade.

Seperti kebanyakan universitas bergengsi, jumlah pemenang Nobel dari Stanford University terhitung lumayan banyak. Yaitu 17 orang.


1. Massachusetts Institute of Technology (MIT) AS

[imagetag]

MIT memang termasuk universitas kelas dunia di bidang teknologi dan terbaik sejagat di sektor Ilmu Komputer saat ini. Universitas ini didirikan pada tahun 1861 dan telah menghasilkan banyak alumnus terkenal dan sekitar 20 pemenang Nobel.

Saat ini, para alumnus MIT banyak berkiprah juga di jagat politik. Seperti Perdana Menteri Israel Benjamin Nentanyahu dan Menteri Luar Negeri Inggris, David Milliband.
#ad2fcb

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Postingan menarik

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site info

Check Google Page Rank


Bukanklikunic on facebook