Saturday, May 12, 2012

Dengar Musik ini Bisa Bikin Ngantuk

[imagetag]

Kehidupan yang sibuk dan berbagai tekanan yang muncul bisa membuat seseorang sulit tidur, tapi mendengarkan musik diketahui bisa membantu. Lalu musik seperti apa yang bisa bikin orang gampang tidur?


Kualitas tidur yang dimiliki seseorang tergantung pada kebiasaan dan juga kebersihan yang baik. Untuk bisa mendapatkan tidur nyenyak, seseorang harus rileks dalam hal pikiran dan tubuhnya. Dalam hal ini musik bisa membantu orang tertidur dan manfaat ini sudah dikenal oleh para ahli.

Dalam artikel yang diterbitkan American Journal of Critical Care, penelitian menunjukkan musik paling santai yang berasal dari string instrumen misalnya perkusi yang bermain 60 denyut per menit baik untuk membuat jantung beristirahat.

Sedangkan dalam studi tahun 2005 yang dipublikasikan Journal of Advanced Nursing menemukan musik bisa meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa. Peserta mendapatkan peningkatan kualitas tidur sebesar 35 persen setelah mendengarkan musik 45 menit pada waktu tidur.

Kombinasi musik yang tenang dengan teknik relaksasi bisa membantu seseorang mendapatkan kualitas tidur yang lebih efektif, serta membuatnya lebih mudah terlelap seperti dikutip dari Livestrong.

Putarkan musik yang menenangkan pada volume lembut sehingga membuat tubuh mengendurkan otot-otot dari kaki sampai kepala yang diikuti menghela dan menghirup napas dalam secara perlahan. Cobalah musik klasik, hanya melodi tanpa lirik atau musik pengantar tidur yang banyak digunakan untuk bayi.

Namun sebaiknya hindari musik rock atau irama keras lainnya karena tidak kondusif memicu tidur, tapi akan membuat tubuh bangun dan bersemangat. Pilihan musik ini lebih baik digunakan saat bangun tidur.

Mendengarkan musik yang menenangkan tidak hanya membuat orang lebih mudah tertidur, tapi juga dapat mengalihkan perhatian seseorang dari stres, menurunkan tingkat kecemasan serta respons yang baik untuk relaksasi.

sumber : detik
#ad2fcb

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Postingan menarik

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site info

Check Google Page Rank


Bukanklikunic on facebook