Sunday, October 30, 2011

Laut Weddell, Air laut Terjernih di Dunia

Laut Weddell, Air laut Terjernih di Dunia-Laut Weddell merupakan bagian dari Samudera Selatan. Titik timur adalah Tanjung Norvegia di Pantai Putri Martha, Tanah Ratu Maud. Di sebelah timur Tanjung Norvegia adalah Laut Raja Haakon VII. Sebagian besar bagian selatan laut, hingga Pulau Gajah, adalah es permanen, Gunung Es Filchner-Ronne. Laut yang terkandung dalam dua klaim yang saling tumpang tindih, wilayah Antartika Argentina dan Inggris (Teritori Antartika Britania Raya), dan juga berada sebagian di dalam klaim teritorial Chili. Lebar laut Weddell adalah sekitar 2.000 km, dan di daerah tersebut luasnya sekitar 2,8 juta km ².

[imagetag]

Laut ini dinamakan demikian untuk menghormati pelaut Inggris James Weddell yang datang ke laut ini pada tahun 1823 sejauh 74°S. Pada tahun yang sama penyegel Amerika Kapten Benjamin Morrell mengaku telah melihat beberapa tanah 10-12°BT batas aktual timur laut. Ia menyebut New South Greenland, namun keberadaannya tidak terbukti ketika laut lebih sepenuhnya dieksplorasi di awal abad 20. Penetrasi selatan terjauh sejak Weddell tapi sebelum era modern dibuat oleh Skotlandia William Speirs Bruce pada tahun 1903.
Karakteristik fauna Laut Weddell adalah Anjing Laut Weddell.
[imagetag]

Laut Weddell telah dianggap oleh para ilmuwan memiliki air laut yang paling jernih di manapun. Berdasarkan penelitian para ahli dan Institut Alfred Wegner pada 13 Oktober 1986, sebuah piringan bernama Secchi Disk yang telah ditenggelamkan hingga kedalaman 262 feet atau sama dengan kedalaman 79,8 meter, masih dapat terlihat jelas dari permukaan. Tingkat kejernihan seperti ini hanya mungkin dicapai oleh air suling murni.
[imagetag]

[imagetag]
sumber: kaskus.us
[imagetag]

noreply@blogger.com (Niponk Azka) 30 Oct, 2011

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Postingan menarik

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site info

Check Google Page Rank


Bukanklikunic on facebook