Saturday, September 24, 2011

Tips Renang Untuk Ibu Hamil

Tips Renang Untuk Ibu Hamil-Kata siapa berenang itu berbahaya untuk ibu hamil (bumil)? Berenang justru bermanfaat untuk bumil, karena dapat membuatnya tidur lebih nyenyak, meringankan rasa mual, memperkuat otot sekitar pinggul dan dapat memudahkan persalinan. Berenang juga berguna untuk terapi kesehatan sendi dan otot serta meningkatkan daya tahan jantung.

[imagetag]

Berenang dapat dilakukan bumil selama masa kehamilan. Hanya saja saat trimester ketiga, apalagi menjelang persalinan perlu lebih berhati-hati. Karena selain kandungan semakin besar, beban juga semakin berlipat. Nah, supaya bumil aman dan nyaman saat berenang, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, yaitu:

1.Santai. Jangan terburu-buru dan berenang dengan gaya yang menguras energi. Hindari pula gerakan-gerakan menghentak. Ingat, anda sudah berbadan dua.

2.Jangan memaksakan diri. Bila lelah, berhenti sejenak, berjalan dengan menjejakkan kaki atau mengapung untuk relaksasi.

3.Sebentar saja, jangan terlalu lama. Agar suhu tubuh terus turun dan dapat berbahaya bagi janin.

4.Pakaian yang nyaman. Tidak terlalu sempit/ ketat sehingga menekan perut. Bila tersedia, gunakan sepatu anti slip agar tidak mudah tergelincir.

5.Bertahap. Bila sebelumnya tidak rutin berenang, jangan langsung dipaksakan. Tambah durasi sedikit demi sedikit.

6.Suhu sejuk. Tidak terlalu dingin sehingga membuat menggigil dan tidak terlalu panas karena sengatan matahari sehingga dehidrasi.

7.Pastikan kebersihannya. Jangan berenang di kolam yang kotor dan jarang dibersihkan. Hindari pula kolam yang terlalu ramai pengunjungnya.

8.Ditemani. Sehingga, jika terjadi sesuatu dan butuh pertolongan dapat segera dipenuhi.

9.Setelah berenang dan bilas, konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi.
Demikian tips-tips Renang untuk Ibu Hamil


Sumber: doktermerry.blogspot.com

Baca juga;
[imagetag]

noreply@blogger.com (Niponk) 24 Sep, 2011

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner